Oct 15, 2016

Uang panai' atau uang untuk keperluan pesta pernikahan adalah sebuah tradisi yang umum dijalankan oleh masyarakat Sulawesi Selatan. Perlu dicatat bahwa Uang panai' bukanlah mahar.


Pemeran
Ikram Noer sebagai Ancha
Nur Fadillah sebagai Risna
Tumming
Abu

Sinopsis
Film bergenre komedi romantis ini menyajikan komedi dan cerita yang dekat dengan kehidupan di Sulawesi pada umumnya, walaupun bahasa yang disajikan adalah bahasa sehari-hari yang umum digunakan oleh masyarakat di Sulawesi Selatan, tapi penonton tidak akan dibiarkan kebingungan karena film ini juga sudah dilengkapi dengan subtiltle.

Film yang mengangkat tentang adat istiadat dan tradisi masyarakat Sulawesi Selatan ini disajikan ringan dan tidak membosankan, jadi cerita tentang tradisi ini bisa masuk dengan mudah dalam ingatan penonton. Bukan hanya itu, film ini juga memberikan kritik kepada tradisi uang panai' sendiri yang sekarang ini terkesan memberatkan niat baik para pasangan yang hendak melagsungkan pernikahan.

Quotes:
"Kopi boleh pahit, hidupmu jangan."
"Jangan lupa bahagia!"
"Kesulitan itu kita sendiri yang ciptakan."
"Durhaka dan membuat keputusan terbaik itu berbeda."

Pesan Moral
Tradisi sebaiknya tidak menghalangi apa yang telah diajarkan oleh agama. "Yang paing baik maharnya dalah yang paling sedikit."

Nilai Plus
+ Film ini terbilang berani karena mengkritisi hal yang sudah menjadi adat yang memang harus diakui terkadang sudah menyelisihi aturan agama.

+ Diceritakan ringan walaupun notabene menceritakan mengenai adat istiadat. Menghibur!

+ Karya Sineas dari Sulawesi Selatan.

Nilai Minus
Dari segi akting, pemeran-pemeran dalam film ini mungkin belum bisa dikatakan sempurna mengingat para pemerannya memang tidak berlatar belakang sebagai aktor maupun aktris, tapi tetap saja film layak ditonton.

Nilai
3,8 dari 5

Tagged: , ,

0 comments:

Post a Comment

Annyeong chingudeul ^^
Jangan lupa tinggalin komentar ya..
Secepatnya bakal dibales ;)